Minggu, 18 November 2012

ANALISIS MUSIK PLATINOEM BAND


    Nama                       : Armada
    NPM                        : 36409196
    Kelas                       : 4ID05
    Mata Kuliah           : KEWIRAUSAHAAN (Softskill)
   TUGAS 2                 : ANALISIS MUSIK PLATINOEM BAND


ANALISIS MUSIK PLATINOEM BAND

Tulisan dibawah ini hanyalah bersifat analisa belaka yang berkaitan dengan lagu-lagu dari Platinoem Band. Penulis membatasi ruang lingkup pembahasan analisisnya hanya mengenai perihal sukses atau tidaknya band yang terdiri personelnya yaitu Sam sebagai vokal, Angga (gitar), Mocek (gitar), Donny (drum), dan Candra (bass). Genre musik yang dibawakan oleh band tersebut, yaitu pop progresif. Lagu-lagu yang dibawakan oleh band tersebut diantaranya yang berjudul BIARKANLAH, BUKAN UNTUKKU, INDAH dan THE WINNER.
Penulis ingin mencoba menganalisa sukses atau tidaknya band tersebut dalam membawakan lagu-lagu yang telah direkam. Menurut penulis musiknya terlalu mellow, lirik lagu terlalu dewasa terlalu dewasa, sehingga kurang cocok untuk anak-anak remaja, yang saat ini sedang menggandrungi boy band. Penampilan para personil juga tidak memiliki ciri khas, sehingga identitas band ini tidak kelihatan. Padahal di sisi lain video klipnya sudah cukup bagus. Hal ini menjadi salah satu penyebab band tersebut kurang memiliki ciri khas dan identitas dalam bermusik. Selain itu, jenis genre musik yang tidak sesuai dengan trend pasar sekarang ini juga menjadi sebab mengapa nama Platinoem band kurang populer di blantika musik Indonesia.
Pemanfaatan media massa dan elektronik oleh para personil sebagai alat promosi juga dirasa kurang, sehingga band ini kurang dikenal di masyarakat luas. Padahal pada era kini promosi lewat media massa dan elektronik sangat besar manfaat dan efeknya pada kepopuleran sebuah group band. Tentunya kepopuleran juga akan menjadi daya tarik para pemilik label rekaman untuk menjalin kontrak rekaman dengan band tersebut.
Sisi lain menurut penulis  menganalisa karena genre musik pop yang diusung anak-anak platinoem band ini sudah terlalu umum sehingga akan kalah bersaing dengan musik yang bergaya seperti boyband dan girlband yang berkiblat ke musik Korea. . Jadi sebaiknya band ini membuat suatu gebrakan yang dapat mengalahkan group-group tersebut. Group band ini juga akan kalah dengan group band pop progresif yang sudah ada. Sebaiknya group band ini membuat sebuah ciri khas dan identitas tersendiri berbeda dengan group band yang lainnya.
Penulis rasa itu saja sedikit analisis tentang band Platinoem. Semoga ini bisa bermanfaat untuk industri musik Indonesia pada umumnya, dan Platinoem band khususnya agar kedepannya dapat menciptakan lagu-lagu yang lebih dapat diterima pasar musik di Indonesia. Karena Platinoem Band merupakan group musk yang baru di blantika musik Indonesia, semoga seeiring dengan berjalannya waktu Platinoem Band akan sukses pada puncak ketenarannya, karena sebuah kesuksesan tidak didapat dalam waktu yang singkat, tetapi  butuh proses, perjuangan, pengorbanan dan waktu yang panjang.


   https://www.youtube.com/watch?v=JhJ7k_cWQFg&feature=youtube_gdata_player
   https://www.youtube.com/watch?v=6hsiJImJsc0&feature=youtube_gdata_player

Tidak ada komentar:

Posting Komentar